Tips mengatasi Kecanduan Makanan


Pada kali ini saya akan berbagi tentang tips mengatasi kecanduan makanan, Jika Anda terus-menerus mengidam makanan dan tidak dapat mengendalikan keinginan untuk makan, mungkin Anda mengalami kecanduan makanan. Kecanduan makanan sama berbahayanya dengan kecanduan kokain, sehingga harus segera ditangani.

Studi baru yang didanai oleh National Institutes of Health menunjukkan bahwa hasil scan otak dari pecandu makanan menunjukkan perubahan dan kerusakan yang sama seperti yang terjadi pada pengguna kokain. Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa pemanis buatan seperti sukrosa lebih adiktif dari kokain.

Ketika seseorang telah kecanduan makanan, dirinya akan terus-terusan mengidam makanan dan akan makan lagi dan lagi meskipun sedang tidak merasa lapar. Hal ini tentu berisiko terhadap penambahan berat badan, menyebabkan obesitas dan yang paling berbahaya adalah kerusakan otak.

Berikut adalah 6 tips mengatasi kecanduan makanan, seperti dilansir prevention, Rabu (24/10/2012) antara lain:

1. Melakukan tes
Anda perlu mencari tahu sejauh mana ketergantungan Anda dengan makanan. Para peneliti dari Yale University menyarankan untuk melakukan tes sederhana dengan melontarkan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri, seperti seberapa sering Anda makan, apakah Anda terus mengambil makanan meski sedang tidak lapar, dan sebagainya.

Para ahli percaya bahwa sebagian besar orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki beberapa tingkatan kecanduan makanan. Baik pria maupun wanita pada usia berapa pun dapat bermasalah terhadap kecanduan makanan.

2. Mengetahui jebakan dalam makanan yang Anda makan
Makanan manis lebih banyak menyebabkan kecanduan makanan daripada makanan lain yang asin atau asam. Makanan yang Anda konsumsi sehari-hari mungkin mengandung pemanis buatan yang tidak sehat.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa pemanis buatan yang terkandung dalam makanan dapat mempengaruhi otak untuk makan berlebihan dan menyebabkan mengidam makanan yang manis-manis. Waspadai produk makanan yang mengandung pemanis buatan agar Anda terhindar dari kegemukan karena kecanduan makanan.

3. Pilih-pilih makanan
Makanan yang tidak sehat seperti makanan manis, makanan olahan, atau makanan berlemak dapat mempengaruhi pusat otak dalam memproduksi dopamin, zat kimia yang mengatur kesenangan. Produksi dopamin ini dapat meningkatkan hormon insulin dan mendorong Anda untuk mengambil makanan lagi dan lagi.

Selektiflah dalam memilih makanan, karena pilihan makanan juga berpengaruh terhadap nafsu makan dan menyebabkan kecanduan terhadap makanan.

4. Mengontrol porsi makan
Hanya dengan mengurangi porsi makan saja tidak akan membantu mengatasi kecanduan makanan, karena kecanduan makanan berkaitan dengan frekuensinya yang terus menerus. Makan dalam porsi kecil dan terus menerus sepenjang waktu juga dapat menyebabkan kegemukan.

Sehingga yang perlu Anda lakukan adalah mengontrol porsi makan dan mengurangi frekuensi makan secara bertahap sedikit demi sedikit.

5. Membuat daftar makanan
Buatlah daftar yang berisi makanan-makanan favorit yang dapat membuat Anda makan berlebihan. Kemudian kelompokkan makanan yang tidak sehat, seperti makanan manis dan camilan yang asin, lalu buatlah kelompok makanan pengganti yang lebih sehat seperti buah stroberi, apel atau pisang.

6. Lawan kecanduan makanan dengan kekuatan pikiran, mulut, dan otot
Pikiran, mulut, dan otot dapat membantu Anda memulihkan diri dari kecanduan makanan dan membantu detoksifikasi. Atasi kecanduan makanan dengan memperhatikan 3 hal berikut:

  • Pikiran, menenangkan pikiran meditasi dapat melatih otak untuk merangsang pembentukan sel otak baru dan untuk memperbaiki kerusakan akibat kecanduan makanan.
  • Mulut, makanan yang lebih alami juga dapat meningkatkan produksi dopamin dengan cara yang lebih sehat. Makanan tertentu, seperti semangka, bayam, alpukat, tahu, dan biji wijen baik untuk dikonsumsi.
  • Otot, menggerakkan otot dengan berolahraga dapat menekan nafsu makan dan mengendalikan kecanduan makanan.

Itulah beberapa tips mengatasi kecanduan makanan , semoga tips tersebut dapat membantu anda dalam mengatasi kecanduan makanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s