Cara Membuat Kue Kering agar tidak gagal

cara membuat kue kering

KUE kering alias cookies menjadi camilan tepat saat menonton televisi ataupun menjadi kue lebaran. Bila punya waktu membuatnya sendiri, perhatikan beberapa cara membuat kue kering agar tidak gagal.

Beberapa toko kue mulai marak menjajakan kue kering dengan varian rasa dan bentuk. Bila Anda lebih suka membuatnya, simak tips dari sayaagar membuat kue kering hasilnya tidak kalah dengan kue kering yang dijual di toko.

Baca resep
Sebelum mulai membuat kue, membaca resep dan mempersiapkan semua bahan adalah hal mutlak. Perhatikan teknik-teknik yang disarankan, termasuk memastikan suhu oven sesuai dengan petunjuk pada resep.

Loyang kue sesuai suhu ruangan
Panas loyang harus sesuai dengan suhu ruangan sebelum menempatkan adonan di atasnya. Loyang yang hangat akan mencairkan adonan. Akibatnya, kue kering akan menempel satu sama lain. Letakkan loyang di atas wadah berisi air hangat untuk mendinginkan loyang yang di atasnya masih ada sejumlah kue kering siap dipanggang.

Mentega bahan terpenting
Belilah bahan-bahan yang terbaik untuk menghasilkan kue terbaik pula. Bahan terpenting dalam membuat kue kering adalah mentega. Gunakan mentega segar. Sebagai catatan, penggunaan mentega tawar memudahkan Anda dalam menakar rasa asin. Sebelum menggunakannya, pastikan suhu mentega sesuai dengan suhu ruangan, kecuali jika pada resep diminta menggunakan mentega cair.

Perhatikan bahan lainnya
– Telur: gunakan telur ayam yang masih baru atau segar dan pastikan suhunya sama dengan suhu ruangan. Telur dingin lebih mudah dipisahkan, namun setelah Anda memisahkan putih dan telurnya, maka biarkan sebentar hingga suhu telur sama dengan suhu ruangan. Tujuannya agar telur mudah tercampur dengan bahan-bahan yang lain.
– Tepung: gunakan tepung terigu yang biasa dijual di pasaran, yang belum mengalami pemutihan, kecuali pada resep diminta menggunakan tepung khusus.
– Baking soda dan baking powder: baking soda dan baking powder tidak dapat saling menggantikan. Namun, Anda bisa membuat baking soda dengan baking  powder yang telah ditambahkan sedikit asam (biasanya cream of tartar).
– Garam: untuk kue-kue panggang, gunakan garam meja. Penggunaan garam halus atau garam kasar tergantung pada permintaan resep.
– Gula: sebagian besar resep menggunakan gula pasir, kecuali bila ditentukan penggunaan gula jenis lain. Gula palem biasanya telah dikemas dalam ukuran tertentu sehingga memudahkan Anda menakarnya secara akurat. Sebaiknya, ayak gula halus sebelum digunakan untuk menghilangkan gumpalan-gumpalan.

Gelas ukur
Untuk perhitungan yang akurat, sebaiknya gunakan gelas ukur yang terbuat dari logam untuk bahan-bahan yang kering atau  setengah padat, seperti selai kacang, mentega, dan sejenisnya. Tuangkan bahan ke dalam cangkir kemudian ukur dengan pandangan mata sejajar dengan gelas ukur. Gunakan ukuran cangkir yang tepat, jangan pernah memperkirakan porsi ukuran.

Gelas ukur untuk bahan cair
Bahan-bahan cair juga perlu diukur dengan gelas ukur agar akurat. Membungkuklah saat membaca ukuran bahan, pastikan posisi mata sejajar dengan gelas ukur.

Bila tidak ada stick cookies
Gunakan kertas roti atau kertas yang biasa digunakan untuk menggulung bolu gulung sebagai alas adonan kue kering. Bahannya antilengket sehingga memudahkan Anda melepasnya dari loyang.

Rak pendingin
Kebanyakan rak pendingin terbuat dari kawat besar, gunanya untuk mendinginkan kue kering yang baru keluar dari oven

sekian beberapa cara membuat kue kering lebaran ataupun kue kue lebaran agar tidak gagal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s