Tips Aman Gunakan Minyak Goreng Bekas

minyak goreng bekas

Pernahkah anda menggoreng? Jika ya, maka anda selalu punya keluhan dengan minyak goreng bekas atau jelantah ,kenapa? karnaminyak goreng yang masih bersih apalagi baru sekali dipakai memang sayang untuk dibuang. Apalagi, minyak tersebut bekas dipakai menggoreng alias deep fried, yang pasti masih banyak tersisa. Bagaimana mengakalinya? Untuk itu saya akan berbagi cara aman gunakan minyak jelantah bukan dengan cara pemurnian / penjernihan minyak goreng bekas ataupun dengan cara daur ulang minyak jelantah / minyak goreng , kenapa? Karena bahaya minyak goreng bekas itu sangat mengerikan dan tidak ada manfaat minyak goreng bekas sama sekali.

Sering kali, minyak bekas pakai hanya ditaruh di wadah, dibiarkan begitu saja lalu digunakan kembali. Anda dapat menggunakan kembali minyak goreng, tetapi perlu disadari bahwa smoke-point akan menurun setiap kali minyak selesai dipakai.
Berikut cara tepat menyimpan minyak bekas, seperti dilansir laman Tipnut:
– Setelah minyak selesai dipakai memasak, biarkan terlebih dahulu hingga dingin. Kemudian, saring dengan kain tipis untuk menghilangkan sisa-sisa makanan.
– Simpan minyak dalam wadah kedap udara di tempat yang gelap dan dingin atau di lemari es jika Anda akan menggunakan kembali dalam jangka panjang. Minyak goreng juga dapat disimpan di freezer.
– Jika minyak berbau tengik, jangan digunakan kembali. Untuk mendapat hasil terbaik, ketika menggunakan minyak lama, tuang sedikit minyak baru, dengan begitu akan tetap bisa hemat dan efisien.

Dengan begitu anda tidak perlu lagi was was dalam mengolah minyak goreng bekas lagi.

Demikian sedikit bantuan tips dari saya, semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s